Tuesday, October 25, 2016

Chicken Herbal Soup


Chicken Herbal Soup ini biasa dimasak dengan cara di tim, cuma karena nggak punya panci tim akhirnya aku rebus jadi satu aja ayam beserta dengan bahan herbalnya. Katanya orang - orang bahan herbal ini tuh bagus untuk kesehatan tubuh. Orang - orang tua China jaman dulu pasti sudah tidak asing dengan soup ini, dari mama saya, mama mertua sering banget masak soup ini.


Mama mertua biasa beliau nyebutnya "ayam obat". Biasanya bahan herbalnya terdiri dari : gingseng, Gou Gi Zi (Wolfberry), Chuan Xiong (Sizhuan Lovage Rhizome), Dang shen (codonopsis root), Dang Qui (Angelica root), Huang Qi (Astragalus root), dan Hong Zao (Jujube Fruit). Tapi kalau bingung cari bahan herbalnya satu - satu, tinggal datang aja ke toko obat herbal dan bilang mau beli obat untuk masak ayam obat/ tim ayam, biasanya penjual pasti langsung paham ^.^.

Kalau dengerin cerita orang dan mama mereka percaya bahwa dari campuran berbagai bahan herbal ini dipercaya bisa memulihkan stamina yang lemah, menghangatkan badan, menambah darah, membantu pemulihan kesehatan setelah sakit dan melahirkan, Begitu banyak manfaat dari Chicken Herbal Soup ini, jadi saya rasa tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsinya.

Kalau nggak mau repot untuk beli bahan herbalnya yang biasa harus cari di toko khusus obat China, sekarang sudah ada jual yang bumbu herbal instantnya di supermarket (biasa Supermarket yang ada jual produk impoirt). Dalam kemasan sachetnya terdapat semacam kantong teh besar yang di dalam sudah terdapat campuran berbagai macam obat herbal untuk tim atau soup ayam ini. Kita tinggal mendidihkan air masukan ayam bersama kantong berisi herbal, masak sampai ayam empuk, tinggal angkat dan sajikan hangat - hangat. Simple dan mudah namun untuk khasiatnya saya kurang paham apakah sama dengan yang biasa beli di toko obat China, tapi dari segi rasa sama saja.

Bahan :
- 1/2 ekor ayam, bersihkan dan potong sesuai selera (atau bisa juga dibiarkan utuh)
- 1/2 pak bahan herbal
- air 1 liter
- 1/2sdt garam (bisa di skip)


Cara masak :
1.  Rebus ayam beserta bahan herbal, masak sampai ayam empuk dan sari - sari herbal keluar semua. Tambahkan garam. Masak sekitar 2 jam dengan api kecil/ slow cooker.
2. Angkat dan sajikan hangat - hangat.

Enjoy!


Kalau lagi sakit flu cocok banget nih makan nih ayam hehe..sebisa mungkin pakai ayam kampung karena lebih bagus, tidak banyak lemak dan tidak berbau anyir ayam. Memang lebih mahal sedikit ketimbang ayam potong biasa namun kalau untuk kesehatan saya rasa pantas - pantas saja.

No comments:

Search This Blog

Labels