Saturday, August 6, 2016

Vegetable Shanghai Rice/ Resep & Video Nasi Shanghai Sayur


Awalnya saya makan Shanghai Rice ini di salah satu restoran Chinese Food di Surabaya, papa yang pertama pesan, beliau bilang ini adalah makanan favorit beliau. Penasaran saya jadinya, melihat warna yang pucat dan tidak banyak bumbu membuat saya ragu untuk rasanya. Namun ketika saya memutuskan untuk mencobanya, semua pandangan negatif saya hilang.. ini enak banget deh wangi khas bawang putih goreng dan rasa gurihnya semua serba pas dan nikmat.

Sayuran yang dipakai dalam Shanghai rice ini hanya memakai sayuran yang berwarna hijau seperti sawi, baby kaylan, dan sebagainya. Memasak ini pun tidak perlu waktu lama, oseng - oseng sebentar voilaaa nasi ala Shanghai sudah jadi. Salah satu teman kuliah saya yang saat ini sudah pindah ke Belanda, sudah mengeksekusi resep ini, hasilnya dia suka suami dia yang bule pun suka. Menurut dia simple, mudah namun lezat, dia sampai nggak menyangka cuma seperti ini aja kok bisa enak. hehehe...

Menurut saya Vegetable Shanghai rice ini adalah cara simple untuk membuat nasi yang kita makan jadi berasa beda dan enak. Selain itu tidak perlu bersusah payah untuk membuat nasi ini seperti waktu kita membuat nasi goreng yang membutuhkan banyak bumbu seprti kecap, saos, bawang dan sebagainya. Bagi yang tidak terlalu suka makan sayur seperti suami saya pun jadi lahap makannya dan lupa akan ketidak sukaannya dengan sayuran. Shanghai Rice ini juga bisa dimakan begitu saya, namun paling mantap bila ada lauk tambahan sebagai topping. Biasanya saya membuat Shanghai rice ini saat memasak Red pork atau babi merah ala mama saya.



Cara masak Vegetable Shanghai Rice
Bahan :

- 2 piring nasi putih

- 3 siung bawang putih

- sayur kaylan secukupnya (potong - potong sesuai selera)

- garam, gula secukupnya

- minyak zaitun secukupnya untuk menumis



Cara Memasak :

1.  Tumis bawang putih sampai harum, masukan kaylan aduk - aduk bentar.

2. Tambahkan garam dan gula, terakhir masukan nasi putih aduk rata. angkat. Resep simple tapi nasinya jadi wangi banget khas bawang goreng gitu... ^.^

* Kalau dari resep kurang jelas bisa dilihat langsung di video aku di bawah :)


Video dan cara masak Red Pork ada di postingan aku sebelumnya di sini


Tips :
1. Sayuran jangan dimasak terlalu lama terutama sawi agar tidak terlalu pahit jadinya.
2. Teman saya di Belanda menambahkan telur ke dalamnya, hasilnya pun lebih enak dan goreng. Namun bagi yang ingin simple cukup sesuai resep di atas sudah enak kok.
3. Jangan tambahkan kecap apapun nanti jadinya nasi goreng bukan Shanghai rice lagi hehehe..

No comments:

Search This Blog

Labels