Monday, October 24, 2016

Simple Teppanyaki


Ternyata nggak harus ribet untuk menyantap menu ala resto, tinggal tumis - tumis bentar bahan yang  kita suka terus disiram dengan saus coklat Teriyaki, mantapp bangettt apalagi di makan hangat - hangat dengan nasi pulen, enakkk deh..^.^

Teppanyaki berasal dari Jepang dengan teknik memasak makanan di atas plat besi datar (teppan), dan biasa dimasak di depan tamu atau pengunjung restoran secara langsung. Masakan Teppanyaki bisa berupa seafood, irisan daging sapi, tofu bahkan telur. Namun selain lauk utama biasa ada tambahan sayur - sayuran tumis disajikan dalam satu piring bersama, yang semuanya disiram saus kental coklat sebelum disajikan ke tamu restoran.

Suami saya sebenarnya bukan penggemar makanan Jepang, kurang cocok di lidah katanya. hehehe..
Namun ada pengecualian dengan Teppanyaki ini, masakan ini dia doyan sekali dan bisa menghabiskan porsi makanan yang cukup banyak sendirian ^.^

Irisan slice tipis - tipis daging sapi adalah favourit dia, cumi - cumi hanya sebagai pelengkap saja kali ini soalnya stock daging sapi di kulkas uda tinggal sisa - sisa aja. Kalau untuk cumi - cumi saya selalu mendapatkan kirimian cumi - cumi segar dari mama mertua. Cumi - cumi atau seafood jenis lainnya dari mama sudah pasti segar soalnya merupakan hasil tangkapan papa mertua di laut, mengingat papa adalah seorang Nahkoda kapal besar penangkap ikan di perairan laut dalam. No formalin No pengawet di dalam hasil tangkapannya, karena ikan - ikan yang didapat langsung dibekukan menjadi es batu sebelum sampai di darat.




Di beberapa mall Jakarta masih ada restoran yang menyajikan masakan Teppanyaki ini meskipun tidak banyak, kita tinggal duduk di semacam kursi counter dan depan kita adalah meja sekaligus area memasak si koki. Terdapat beberapa pilihan misal slice beef, potongan sirloin atau terderloin, seafood, namun semuanya disajikan dengan cara yang memasak yang sama, saos dan bumbu yang sama. Selain itu masih ada tambahan tumisan sayur kecambah dan sawi plus 2 (dua) potong tofu, terakhir sebagai pelengkap kita akan diberi semangkok miso soup hangat. Duhh saya jadi ngeces dan ngiler sendiri sambil bercerita masakan ini, hehe..
Cuma bagi pecinta pedas mungkin akan kecewa dengan masakan ini, karena beberapa restoran Teppanyaki yang saya temui di Jakarta tidak bisa request pedas untuk setiap masakan yang kita pesan, pengunjung hanya di kasi saos botolan saja sebagai tambahan yang menurut saya tidak ada pedas - pedasnya sama sekali.hmm.. Namun berbeda ketika saya berada di Taiwan - Taipei dimana ada salah satu restoran teppanyaki yang saya kunjungi, kita bisa request untuk menambahkan irisan cabai rawit ke dalam masakan Teppanyaki yang kita pesan, kalau sudah seperti itu baru puas rasanya ^.^

Bahan :
- 4 ekor cumi - cumi ukuran sedang, potong bentuk cincin
- 100gr daging sapi, iris tipis - tipis
- 100gr tauge/ kecambah. bersihkan dan buang akar - akarnya
- 3 siung bawang putih, cincang kecil - kecil
- 3sdm saus teriyaki Saori
- 1cm jahe, dikeprek
- 1sdm brown sugar
- 1/2sdt lada
- 1/4 sdt cuka (optional bisa diskip)
- garam secukupnya
- air secukupnya
- Larutan maizena (dari 1/2sdm tepung + 3sdm air)


Cara Masak :
1. Pertama - tama tumis masing - masing bahan yang kita suka (cumi - cumi, daging sapi dan kecambah) dengan bawang putih, tambahkan garam dan lada sedikit.

2. Selanjutnya buat bahan saus untuk disiram ke atas tumisan dengan cara : Tumis bawang putih sedikit dan jahe sampai harum, masukan saus Saos Teriyaki Saori, air dan brown sugar. Tambahkan garam, lada dan cuka. Koreksi rasanya.

3. Terakhir masukan larutan maizena, masak sampai mendidih. Angkat dan siram ke atas bahan - bahan yang sudah ditumis sebelumnya.

Sajikan dengan hangat - hangat. Enjoy!


Note :
* Kalau tidak mau ribet dengan menumis masing - masing setiap bahan, dapat langsung dapat mencampurnya sekaligus ( kecuali sayuran sebaiknya ditumis secara terpisah biar rasanya nggak campur - campur )

* Penambahan cuka dapat dihilangkan, suami saya juga sebenarnya paling anti makan cuka cuma saya sendiri aja yang doyan dengan ada penambahan cuka karena membuat masakan yang dominan manis tidak monoton hehehe.. (kaya pacaran aja ada monotonnya ^.^ )

* Masakan Teppanyaki sebaiknya langsung disajikan dan disantap begitu selesai dimasak baru nikmat dan enak, kalau sudah dingin akan mengurangi kelezatannya.

* Selain slice beef dan cumi - cumi bisa kita ganti dengan potongan ikan kakap, tofu, telur ceplok, ataupun daging lainnya selain sapi, semua tergantung selera hanya bumbunya siramannya yang sama semua

No comments:

Search This Blog

Labels