Tuesday, October 25, 2016

Fried Sweet Potato Balls (Bola - bola ubi goreng)



Beli Ubi merah udah lama banget mungkin hampir 1 (satu) bulan hehehe.. dan karena nggak rela banget kalau harus berakhir di tong sampah karena busuk akhirnya saya sempetin untuk mengolahnya menjadi gorengan enak..^.^
Suami saya kalau makan ini suka nggak sadar kalau udah habisin paling banyak sendiri.. yang bikin ketagihan tekstur gorengan ini chewy di dalam namun crispy di luar.

Ubi sendiri merupakan sejenis umbi - umbian yang banyak jenisnya, kalau di pasar biasa ada yang jual ubi ungu, ubi cilembu, ubi yang warna putih kekuning, atau ubi merah seperti yang saya olah kali ini. Namun untuk gorengan ini umumnya menggunakan ubi merah. Saya sendiri belum pernah mencobanya dengan jenis ubi - ubi lainnya, namun saya pikir untuk rasa dan tektur kurang lebih sama.



Pertama kali saya makan gorengan ini ketika saya masih tinggal di Taiwan, panas - panas dimakan sambil ditemani segelas teh China, enak banget deh. Setelah balik ke Indonesia saya hampir tidak pernah ketemu lagi gorengan ubi chewy ini, sampai satu waktu ketika jalan ke salah satu pusat jajanan dan tempat makan di Surabaya Gwalk, saya melihat ada yang menjual gorengan ini. Bukan hanya satu penjual namun ada beberapa..woww.. setelah bertahun - tahun nggak nyemil ini nggak nyangka banget bisa ketemu lagi gorengan ubi ini. Rasa dan teksturnya sama dengan yang saya makan di Taiwan, hanya bedanya di sini dijual dengan harga yang lumayan mahal..hmmm..

Karena mahalnya itu jadi kepikir untuk coba buat sendiri gorengan ini hehehe... biar lebih puas nyemilnya tanpa harus mikir harganya yang mehong alias mahal hihihi.. (emang bawaannya pelit kali yah..wkwkwk)



Bahan :

- 400gr ubi merah, potong - potong
- 200gr tepung sagu
- 2sdm tepung beras
- 4sdm gula pasir (bisa kurang atau lebih tergantung manis tidaknya ubi)
- 2sdt baking powder



Cara masak :

1. Pertama - tama kukus ubi sampai lunas, angkat dan dalam kondisi panas - panas segera dihaluskan bersama gula pasir. Aduk sampai rata.

2. Tambahkan tepung sagu dan baking powder ke dalam adonan ubi, uleni sampai adonan bisa dipulung. Kalau perlu tambahkan tepung lagi sedikit demi sedikit sampat dapat tektur yang halus dan mudah untuk dipulung (dibulatkan satu - satu).

3. Bentuk adonan ubi bulat - bulat semuanya Goreng dengan minyak panas sedang, sampai mengembang dan kecoklatan. Lebih enak langsung dimakan setelah digoreng. Enjoy!


Note :
* Untuk mendapatkan tekstur chewy di dalam dan garing/ crispy di luar, goreng ubi dengan minta panas sedang.
* Ketika ubi sudah mulai mengembang, cobalah untuk tekan - tekan ubi ke dasar wajan sambil sesekali dibolak - balik, goreng ubi sampai mengembang sempurna semua dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat
* Gorengan ini paling baik dimakan saat baru matang dan dihidangkan panas - panas dengan ditemani segelah teh tawar atau kopi. hmm,.nikmatnya..

No comments:

Search This Blog

Labels