Tuesday, October 25, 2016

Scrambel Egg dan Lapjiong




Scrambel Egg hanya bahasa kerennya saja tapi bisa juga disebut Telur Orak - Arik. Scrambel Egg biasa disajikan sebagai sarapan pagi ditemanin dengan roti bakar, namun kali ini saya sajikan sebagai lauk makan siang. Sepiring nasi hangat dengan lauk Scrambel Egg, sederhana namun enak banget deh apalagi kalau suka pedas bisa ditambahkan irisan cabai rawit..duh nikmatnya menemani waktu makan siang saya dan suami. Simple tapi kalau lagi punya waktu terbatas menu ini sangat cocok karena tidak butuh waktu lama untuk persiapan dan memasaknya.

Scrambel egg pada dasarnya bisa kita kreasikan dengan berbagai campuran, misalnya ditambahkan sayuran, keju, bombay, jamur atau apapun. Namun jangan sampai keliru cara masaknya hingga akhirnya jadi Omelete (telur dadar dengan berbagai varian isi dan topping), jadinya beda versi nanti telurnya.hehehe... Meski tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat Scrambel Egg, namun menurut saya diperlukan sedikit tricky hingga menghasilkanScrambel dengan tekstur telur yang lembut dan enak.

Teknik yang biasa saya lakukan adalah dengan menumis topping atau tambahan lauk yang kita inginkan sebelumnya, setelah matang siram di atasnya dengan telur yang sudah dikocok sebelumnya. Diamkan setengah menit lalu diaduk - aduk cepat atau diorak - orik. Sepertinya ribet dan sulit padahal hanya urusan telur goreng saja hehe.. tapi setelah terjun dan memasak sendiri hal yang dirasa sulit dan ribet akan terlupakan dengan sendirinya, dan saya rasa semua orang bisa membuat sendiri Scrambel Egg yang enak.

Bahan :
- 2 buah lapjiong (bisa diganti dengan sosis sapi, jamur, dll)
- 5 buah cabai rawit, iris tipis - tipis (optional, kalau tidak suka pedas bisa dihilangkan)
- 1 siung bawang putih, cincang halus
- 2 butir bawang merah, iris tipis
- 2 butir telur ayam, dikocok
- 1/4sdt lada
- garam dan gula secukupnya

Cara masak :
1. Rebus lapjiong sebentar, diiris - iris sesuai selera
1. Tumis bawang merah, bawang putih, sampai harum tambakan irisan cabai rawit. Tumis sampai berbau harum.
2. Masukan potongan lapjiong, tambahkan garam, lada, dan gula.
3. Masukan telur, aduk cepat ( orak - orik ) sampai rata. Angkat. Enjoy!

Saya beruntung mempunyai suami yang nggak rewel dan cerewet meski dengan menu sederhana seperti ini sudah bisa membuat dia makan dengan lahap hingga tidak bersisa hehehe...


Note :
* Lapjiong biasanya saya rebus terlebih dahulu, sehingga kita menumis tidak perlu terlalu lama. Selain itu biasanya lapjiong tertentu mempunyai bau yang tajam, dengan merebus biasanya baunya tidak akan terlalu tajam.

* Apabila tidak suka lapjiong, bisa tambahkan jamur, keju, bombay, sosis sapi, bacon bahkan potongan sayur pun bisa kita tambahkan.


No comments:

Search This Blog

Labels