Monday, October 24, 2016

Guotie 鍋貼 a.k.a GYOZA (Chinese Dumpling)


Waktu dulu masih sekolah di Taiwan ini adalah salah satu jajanan favorit saya. Terharu banget bisa bikin sendiri apalagi suami bilang enak dan persis dengan yang dijual di restoran - restoran. Jujur ini pertama kalinya saya buat Chinese Dumpling ini, jadinya yah gitu belum luwes dan lipatannya  juga masih kurang sempurna ditambah lagi untuk kulitnya nggak saya cetak jadi ada yang besar ada yang kecil, hehe...

Guotie 鍋貼 sendiri mempunyai banyak penyebutan di berbagai negara, seperti "Gyoza" di Jepang, North America nyebutnya "Potstickers" di China sendiri kadang disebut juga 餃子(dibaca Jiao Zi).
Cara memasaknya pun ada 2 versi, yang pertama hanya direbus saja di dalam air mendidih, yang kedua dengan ditaruh diwajan dengan sedikit minyak masak sampai setengah matang lalu disiram air sampai kering).
Ketika masih tinggal di Taiwan, Guotie ini sering saya temukan sebagai makanan  atau jajanan Street Food dengan isian daging babi atau ayam dan irisan kubis, dimakan dengan kecap asin, cuka hitam atau saus sambal sebagai dipping. Enak loh ^.^




Bahan
Kulit :
- 140gr tepung terigu serba guna
- 65ml air

Filling :
- 200gr daging cincang (bisa ayam/ babi/ udang)
- 1/4 kol/ kubis
- 1btg daun prei/bawang, iris tipis2
- 1siung bawang putih cincang
- 1 ruas jahe, cincang halus
- 1sdm angciu
- 2sdm soy sauc
- 1/2sdm gula
- 1sdt minyak wijen
- garam, lada secukupnya

Cara masak
Filling :
 1. Campur jadi satu : daging cincang, kol, daun prei, bawang putih, jahe, angciu, soy sauce, minyak wijen, lada, garam dan gula. Terus simpan di kulkas, sambil siapkan untuk kulitnya.
               
Kulit :
1. Campur air, tepung dan garam dikit aja jadi satu. Ulenin adonan sampai permukaannya halus. Tutup dengan serbet bersih, diamkan/ istirahatkan selama 30 menit.
2. Bagi adonan menjadi 18 - 20 bagian, pipihkan dan rolling tipis, bila perlu dicetak.
3. Isi, bungkus dan bentuk sesuai selera, kalau saya lipat - lipat bagian depan sambil direkatkan bagian belakang dengan ditekan/ dijepit oakai telunjuk dan jempol.
 4. Olesin wajan dengan minyak goreng, panaskan dengan api sedang. Susun Guotie diatasnya, masak sampai sisinya kecoklatan (kalau saya cuma saya salah satu sisinya yg saya masak sampai kecoklatan). Trus siram pakai air panas, tutup wajan. Masak sampai air menyusut/ kering. Angkat dan sajikan panas - panas. Bisa dimakan dengan soy sauce dikasi jahe dan cuka dikit atau dengan cocol saus sambal aja udah enak banget. Enjoy!





No comments:

Search This Blog

Labels