Monday, January 9, 2017

Cakwe Udang Homemade



Konon katanya Cakwe ini berasal dari salah satu kota di china, yaitu Hang Zhou dimana kota tersebut terkenal dengan ldanau Xi Hu dimana terdapat legenda ular putih (White Snake Legend). Ketika berkunjung ke kota Hang Zhou, saya dan suami sempat berkunjung ke YUEFEI Temple, kuil ini dibangun untuk mengenang jasa - jasa dari Jendral Yue Fei yang mati akibat fitnahan dari menteri Qin Hui. Di dalam area temple terdapat makam Jendral Yue Fei dengan anaknya berdampingan, dan yang paling unik di depan makam tersebut terdapat patung Menteri Qin Hui dan istrinya dengan posisi berlutut dan tertunduk ke arah makam.

Kisah yang beredar mengatakan rakyat yang merasa sangat kehilangan dan terpukul atas kematian Jendral Yue Fei membuat 2 batang adonan tepung untuk digoreng dan dimakan, hal ini mereka lakukan sebagai simbol kebencian rakyat atas menteri Qin Hui dan istrinya.

Cakwe sendri dalam bahasa China mempunyai sebutan yang berbeda - beda, dalam bahasa mandarin disebut juga 油条 (dibaca : You Tiao), dalam bahasa Hokkien disebut  Cakwe 油炸鬼 (Dibaca : You Zha Qui)yang kalau diartikan "Hantu yang digoreng".

Cakwe sendiri bisa dimakan begitu saja tanpa ada tambahan apapun, sebagai teman makan bubur, sebagai jajanan atau snack dengan diberikan topping sesuai selera. Kali ini cakwe yang sudah digoreng setengah matang saya beri toping didalamnya kemudian baru digoreng kembali sampai matang dan kuning kecoklatan. Enak deh dengan kriuk cakwenya dan kenyal fillingnya merupakan paduan yang pas menurut saya.

Pada umumnya cakwe yang dijual mempunyai tekstur chewy atau kenyal namun dengan rongga kosong di bagian tengah cakwe. Tekstur chewy belum berhasil saya dapatkan, namun dari segi rasa boleh diadu..hehe...
Konon katanya untuk menghasilkan tektur chewy dan berongga harus menggunakan amoniak ke dalam campuran adonan cakwe, saya sih belum pernah coba hanya menggunanlan baking powder dan baking soda saja. Mungkin satu hari saya akan coba dengan versi menggunakan amoniak VS baking powder dan soda untuk melihat langsung dimana perbedaannya.


Resep Cakwe Udang

Bahan Cakwe :
- 190gr tepung terigu protein tinggi
- 75ml air hangat (air suam - suam kuku/ tidak panas tidak dingin)
- 1sdt garam
- 1sdt bubuk garlic
- 1sdt baking powder
- 1sdt baking soda
- 2sdm minyak zaitun/ minyak goreng

Bahan biang :
- 1sdt ragi (pastikan fresh)
- 3sdm air hangat (air suam - suam kuku/ tidak panas tidak dingin)
- 2sdt gula

Bahan Filling Udang :
- 100gr udang udang tanpa kulit
- 1/2 buah wortel
- 1 siung bawang putih, cincang halus
- 1sdt kaldu jamur
- 1sdt soy sauce
- garam, gula, lada secukupnya
- 1sdm maizena
- 2sdm tepung tapioka
- 1btr telur (pilih yg kecil)
- coriander leaf, iris2 (optional, kalau tidak suka bisa diganti dengan daun bawang)

Cara Membuat :

Pertama kita buat filling cakwenya terlebih dahulu.
Filling Cakwe :
1. Cincang kasar udang.
2. Potong wortel menjadi kotak - kotak kecil.
3. Dalam satu wadah aduk jadi satu udang cincang, worter beserta bahan - bahan lainnya, tutup dengan cling wrap dan dinginkan di kulkas minimal  1/2 jam.

Cakwe :
1. Aduk jadi satu bahan biang dalam gelas, kasih tutup dan biarkan hingga keluar gelembung - gelembung.
2. Aduk jadi satu bahan lainnya (terigu, garam, baking soda, baking powder, bubuk garlic, minyak dan air) dalam satu wadah, tambahkan bahan biang. Aduk sampai rata dengan sendok kayu, lalu ulenin sampai adonan kalis atau tidak lengket di tangan.
3. Bulatkan adonan jadi satu olesin bagian atasnya dengan sedikit minyak, lalu tutup adonan dengan serbet bersih. Diamkan selama 90 menit.
4. Bagi adonan jadi 2 bagian, potong - potong memanjang. Tumpuk 2 potongan jadi satu, tekan bagian tengahnya dengan sumpit. Diamkan 10 menit.
5. Tarik - tarik adonan agar memanjang, goreng dengan minyak panas sedang. Angkat.


Cakwe Udang :
1. Potong cakwe menjadi 3 bagian/ sesuai selera. setelah itu belah bagian tengahnya.
2. Isikan cakwe dengan adonan filling, goreng dalam minyak panas sedang sambil dibolak - balik dengan sumpit sampai matang atau kuning kecoklatan. Angkat.

Sajikan dengan saus sambal, kalau saya dicocol dengan saus sambal bangkok.

Enjoy!




-

No comments:

Search This Blog

Labels