Wednesday, January 11, 2017

Sausage Rolls dengan Overnight Soft Bun Dough (Serat halus dan Empuk)


Pertama kali harus buat adonan biangnya terlebih dahulu (16 jam sebelumnya). Saya buatnya jam 11 malam, dan buat rotinya sore hari di keesokan harinya. Roti ini enak banget bahkan sampai di hari ke dua pun rasanya tetap enak dan empuk. Hasil dari teknik overnight dough ini menghasilkan roti yang empuk dengan serat yang halus dan mengembang montok ketika dipanggang. yummy parahh..^.^ nggak nyesel banget meski mixer aku harus jadi korban waktu buat roti ini, jadi ceritanya tuh mixer saya tiba - tiba mati di tengah - tengah pertengan mixer adonan padahal adonan belum kalis dan elastis T.T sedih bener terpaksa pakai tangan untuk melanjutkan uleni adonan, tapi untungnya ada adik cewek saya yang paling kecil bantuin ulenin jadi ganti - gantian gitu deh hehehe...



Adapt from : Corner Cafe
by : Nanawu

Bahan :
- 150gr tepung roti/ terigu protein tinggi
- 150ml air hangat (bukan panas tapi suam - suam kuku)
- 1sdt ragi
Method :
* Aduk semua bahan di atas menjadi satu, tutup dengan serbet atau cling wrap. Diamkan adonan selama 1 jam, setelah itu masukan ke dalam kulkas.


Bahan Utama :
- 250gr tepung roti
- 100gr tepung terigu serbaguna / protein sedang
- 80gr gula pasir
- 1bks ragi (saya pakai Fermipan)
- 80gr butter (suhu ruang)
- 60 - 75ml susu cair
- 1sdt garam
- 1 butir telur ukuran gede
- biji wijen secukupnya untuk taburan

Method :
1. Dalam satu wadah aduk jadi satu : tepung, ragi, gula pasir, dan adonan biang. Uleni dengan menggunakan mixer atau tangan sampai adonan kalis.
2. Tambahkan butter dan garam, ulenin kembali sampai adonan menjadi kalis dan elastis. Bulatkan adonan jadi satu. Diamkan sampai adonan mengembang menjadi 2x lipat.
3. Kempiskan adonan, bagi adonan menjadi bulat - bulatan kecil. Diamkan kembali selama 10 menit.
4. Bentuk dan isi masing - masing bulatan sesuai selera. Diamkan kembali sampai mengembang (kurang lebih 1 jam tergantung cuaca).
5. Olesin bagian atasnya dengan kuning telur (optional) taburi dengan biji wijen.
6. Panggang dengan suhu 190C selama 15-20 menit, tergantung masing - masing oven dan seberapa besar roti yang kita buat.

Hasil akhirnya jadi lumayan banyak, selain diisi dengan sosis sebagian lagi saya isi dengan coklat dan srikaya.

Enjoy!

No comments:

Search This Blog

Labels