Thursday, January 26, 2017

Simple Chocolate Swiss Roll


Banyak sekali varian dari roll cake dan dengan berbagai varian filling juga. Biasa malam sebelum tidur kerjaan saya sukanya kelayapan dan googling blog - blog orang lain yang isinya aneka resep makanan enak. Blog nya nggak hanya dari dalam negeri tapi juga blog - blog mancanegara yang isinya juga resep - resep yang unik, enak, dan bagus dilihat, hehehe..

Satu malam saya mampir ke salah satu blog seorang ibu bernama Zoe yang berasal dari Singapura namun hidup dan tinggal di Melbourne. Melalui blog beliau saya banyak mendapat inspirasi untuk membuat resep makanan yang enak dan cocok di lidah suami saya (suami saya ini tipikal pemilih dalam hal makanan).

Resep dari beliau yang saya praktekan kali ini adalah Chocolate Swiss Roll, swiss roll cakenya berjenis cotton cake, lembut kaya kapas gitu teksturnya. Mungkin dikarenakan teknik pengocokan telur yang dipisah kuning dan putihnya. Resep asli bu Zoe menggunakan taburan coklat meses di atas roll cake yang sudah digulung, namun karena keterbatasan stock bahan di dapur makanya saya skip biar nggak kemanisan juga. Tapi meski nggak pakai taburan meses rasa dari chocolate swiss roll ini enak banget lembut, ringan dan fluffy. Cocok banget dimakan dingin - dingin setelah dari kulkas, yummyy..^.^

Berikut resep Simple.Chocolate Swiss Roll.

Resep untuk 1 buah swiss roll dengan ukuran loyang 35 x 25 cm / 10 x 14 inch.

Untuk adonan cake:
Bahan A
- 60gr telur kuning (sekitar 4 butir telur ukuran besar)
- 50ml susu
- 50ml minyak sayur (saya pakai minyak zaitun)
- 1/2sdt pasta blackforest (resep asli nggak ada tapi saya tambahkan sendiri)

Bahan B
- 70gr cake flour (saya pakai tepung segitiga)
- 10gr cocoa powder
- 3/4 sdt baking powder
- 1/4sdt garam

Bahan C
- 140gr telur putih (sekitar 4 butir telur ukuran besar)
- 80gr gula kastor

tips : gunakan berat yang pas untuk berat telur.

Cara membuat :
Panaskan oven 180 derajat dan alasi loyang dengan baking paper.

Bahan A
Dalam satu wadah besar, masukan kuning telur, pasta blackforest, susu dan minyak. Gunakan hand whisk untuk mengaduk sampai rata.

Bahan B
Campur semua bahan jadi satu. Masukan ke dalam bahan A, aduk rata.

Bahan C
Mixer telur putih dengan kecepatan sedang sampai foamy. Tambahkan kecepatan mixer, masukan gula perlahan sambil dikocok sampai stiff peaks form.

Combine A+B dan C
Perlahan masukan telur putih ke dalam adonan campuran A+B secara bertahap (3 tahap). Ratakan dengan spatula dengan teknik aduk lipat. Pastikan tidak ada grindilan telur putih.

Tuang adonan ke atas loyang, gunakan spatula untuk meratakan. Banting adonan perlahan untuk menghilangkan sisa udara. Oven cake selama 15 menit atau lebih tergantung masing - masing oven sampai matang.

Keluarkan cake dari oven, biarkan dingin sekitar 5 - 10 menit. Setelah dingin, balikan cake dan lepas secara perlahan baking papernya.

Filling Cake :
- 120ml (1/2 cup) whipping cream
- 1/4tsp extract vanila
Mixer whipping cream sampai kaku.

* Letakan cake di atas baking paper bersih, ratakan whipped cream di atas cake dengan spatula, sisakan 2sdm cream untuk dioles di atas cake. Gulung cake secara perlahan, olesin atasnya dengan sisa cream taburi meses. Bungkus gulungan cake dengan cling wrap dinginkan di kulkas selama 1 - 2 jam sampai set. Potong - potong dan sajikan.

* Saya nggak pakai taburan meses, cuma taburin gula halus tipis - tipis biar nggak kelihatan botak gitu hehehe...



Ini buatnya pas natalan 2016 kemarin, jadinya fotonya pakai hiasan - hiasan ornamen natal juga deh.. ^.^


No comments:

Search This Blog

Labels