Friday, January 20, 2017

Udang Goreng Gandum (Fried Shrimp with Oats)



Sumber resep udang ini saya dapatkan dari majalah Femina hanya saja ada beberapa bahan yang saya modifikasi namun rasanya tetap enak banget, gurih dan nagih banget deh.

Kalau di Malaysia atau Singapura masakan ini biasa disebut dengan "Udang goreng Nestum" dan dibandrol dengan harga yang lumayan mahal perporsinya. Bahan utama dalam bumbu remahnya adalah Nestum sejenis cereal namun nggak mengandung susu, di Indonesia agak susah untuk dapetinnya dan kalau pun ada biasa dijual secara online dan harganya pun sangat mahal. Nah untuk menggantinya maka modifikasi dengan gandum (oats) pun menjadi solusi yang murah namun tetap enak dan lezat ^.^

Bahan :
- 500gr udang ukuran sedang (buang kulitnya)
- 1/2sdt air jeruk lemon
- 1/2sdt garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 80ml putih telur ayam, kocok lepas (dari 2 butir telur ayam)
- Minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis, ayak bersama :
- 100gr tepung terigu serbaguna
- 1sdm tepung sagu
- 1/4sdt kaldu ayam bubuk
- 1/2sdt garam
- 1/4sdt merica bubuk
note : saya ganti bahan pelapis di atas dengan tepung bumbu untuk fried chicken supaya simple dan tidak perlu menambakan bumbu apa - apa lagi dalam tepungnya.

Bumbu :
- 2 sdm margarin untuk menumis
- 3 siung bawang putih, cincang kasar ( saya pakai 4 siung, 2 siung untuk ditumis, sisanya saya tambahkan ke masakan sesaat sebelum diangkat).
- 2 buah cabai merah kering, seduh air panas, cincang halus. (saya hanya pakai 5 buah cabai rawit yang diiris halus).
- 1 btg daun bawang, ambil bagian putihnya, iris halus.
- 2 kuning telur ayam asin mentah, kocok rata (saya pakai telur ayam biasa).
- 1/4 sdt garam
- 1/2 adt merica bubuk
- 30 gr (2 sdm) oatmeal, blender kasar (saya nggak blender dan biarkan utuh).

Cara membuat :
1. Lumuri udang dengan air jeruk lemon, garam dan merica bubuk hingga rata. Celupkan ke dalam putih telur, gulingkan ke dalam bahan pelapis.

2. Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga matang dan berwarna kekuningan. Angkat dan sisihkan.

3. Bumbu : Lelehkan margarin, tumis setengah dari bawang putih cincang, cabai kering (saya pakai cabai rawit), dan daun bawang hingga harum.

4. Masukan kuning telur asin (saya pakai kuning telur ayam biasa). Aduk hingga berbutir - butir. Tambahkan garam dan merica bubuk, aduk rata.

5. Masukan oatmeal, udang dan sisa bawang putih cincang. Aduk hingga rata. Angkat dan sajikan segera.

No comments:

Search This Blog

Labels