Friday, January 20, 2017

Marble Pound Cake


Cake ini buatnya pas hari Natal kemarin untuk dibawa ke rumah mama untuk dimakan bareng - bareng. tapi baru hari ini sempat untuk dipublikasikan di blog. Kalau lagi makan makan cake ini berasanya makan bolu yang jadul - jadul gitu yang berasa banget menteganya dengan corak marble coklatnya, paling nikmat dimakan bareng teh atau kopi hangat ^.^

Pound Cake sebenarnya adalah sejenis butter cake gitu, saya ingat banget dulu waktu saya kecil sering dikasih marble cake sama tetangga apalagi pas menjelang Natal. Pernah satu hari saya tanya apa resepnya dan ternyata simple banget, menurut beliau satu mangkok tepung, satu mangkok gula, satu mangkok mentega, satu mangkok telur. terus dikocok dengan metode "all in one". Simple banget yah, biasa beliau nyebutnya "bolu jadul", cakenya tuh padat tapi nggak seret waktu dimakan, aroma butternya juga bikin ketagihan.

Berbeda dengan cake yang dibuat oleh tetangga saya, kali ini saya buat cake dengan teknik telur putih dan telur kuning di pisah, hasil akhirnya cake tidak terlalu padat namun juga tidak yang spongy banget. Mungkin bagi yang suka cake dengan tekstur yg demikian dengan aroma butter bisa coba untuk membuatnya kali aja bisa cocok. Komentator saya di rumah alias suami sih doyan dan suka parah dengan cake ini, makannya sampai berslice - slice dan lupa sudah berapa kalori yang sudah masuk..hmmm..

Resep ini saya dapat dari tulisan Tintin Rayner.

Bahan :
Bahan A (kocok kaku) :
- 4btr Putih telur
- 50gr Gula halus

Bahan B :
- 8btr Kuning telur
- 4btr Putih telur

Bahan C :
- 300gr Butter

Bahan D :
- 200gr Gula halus

Bahan E (diayak jadi satu) :
- 200gr Tepung Kunci
- 50gr Susu bubuk
- 50gr Maizena
- 1/2sdt Baking powder

Bahan F :
- Coklat pasta

Cara membuat :
1. Kocok semua bahan A, putih telur dan gula sampai tahap softpeak. Sisihkan.
2. Mixer bahan C dan D : butter dan gula pasir dengan kecepatan maksimal sampai menjadi creamy putih mengembang. Makin mengembang makin lembut pula cakenya.
3. Masukan Bahan B : telur satu persatu, kocok sampai rata. Turunkan kecepatan mixer ke speed terendah, masukan campuran bahan E : terigu, baking powder, maizena. Kocok sampai rata saja.
4. Ambil 1/2 atau 1/4 adonan (sesuai selera mau seberapa banyak, mau sedikit atau banyaknya motif) beri pasta coklat, lalu aduk sampai rata.
5. Tuang ke dalam loyang loaf (jadi 2 pcs loyang loaf), kalau saya pakai loyang tulban jadi cukup 1 loyang saja. Dengan bantuan sumpit bentuk motif marblenya.
6. Panggang dengan suhu 180 derajat, sekitar 30 -40 menit, sesuaikan dengan oven masing - masing, lakukan test tusuk untuk melihat apakah cake sudah matang tandanya tidak ada adonan yang lengket di tusukan.
7. Setelah matang keluarkan dari loyang, tunggu hangat terus potong - potong deh sesuai selera.

Note :
- Sebaiknya pakai mentega semua biar cake lebih lembut dan wangi. Namun apabila tidak mau dapat mengganti setengahnya dengan margarin, dengan perbandingan 50:50.

No comments:

Search This Blog

Labels