Wednesday, September 14, 2016

Fried Kwetiaw with Pork Sausage


Kalau pagi hari suami saya paling pantang makan nasi, maunya tuh yah mie, bihun, roti atau kwetiaw. Mie adalah makanan favourite dia dan terkadang juga bisa setiap hari makan mie terus - terusan dan nggak ada bosan - bosannya. Padahal mie kalau dimakan setiap hari juga nggak bagus untuk kesehatan terutama buat usus.hmm.. tapi emang susah untuk mengubah kebiasaan dia terhadap kecintaan dia dengan mie, mau tegur dia ampe dower pun juga percuma T.T

Kembali ke Kwetiau,  kalau saya perhatikan di supermarket biasanya yang dijual ada dua jenis, yang pertama dari medan tekstur lebih padat seperti yang saya masak ini, yang kedua kwetiaw Kalimantan teksturnya lebih lembek dan lebih lebar dikit. Dua - duanya sama - sama enak, hanya kalau yang kwetiaw Kalimantan cepat kelembekan kalau masak kelamaan dan kebanyakan aduk.

Sebenarnya kwetiaw sendiri adalah sejenis mie yang berasal dari China dan terbuat dari tepung beras berbentuk pipih dan lebar dengan panjang seperti mie. Pada umumnya mengolah kwetiau tidak lah rumit, kadang bisa digoreng, terus bisa dimasak berkuah, ataupun dimasak dengan direbus terlebih dahulu baru disiram kuah kental sebagai toping (kwetiau siram). Kwetiaw dalam bahasa aslinya disebut guotiau  粿條 dan identik dengan makanan khas Hokkien Bagan atau Medan ataupun Tio Ciu.

Suami saya adalah orang Hokkien Bagan siapiapi yang notabene nya tidak asing dengan makanan jenis kwetiaw.  ini bahkan sudah menjadi makanan khas juga "kwetiaw bagan" ^.^ Selain kwetiaw biasa ada juga mie Bagan, Nasi campur Bagan dan sebagainya. Kalau untuk kwetiaw saya pribadi tidak terlalu suka dengan kwetiaw goreng, saya lebih suka kwetiau siram, lebih sedap menurut saya. hehehe...

Tapi meski sering dijadikan makanan khas Hokkien ataupun Tio Ciu, kwetiau bisa ditemukan juga di negara Malaysia dan Singapura. Biasanya dikenal dengan sebutan kway teow dan disajikan dalam bentuk goreng. Pada dasarnya mengolah kwetiaw sendiri bukanlah sesuatu hal yang sulit, kalau saya tinggal cemplung saja semua bahan tambahan ke dalam wajan dengan sedikit minyak, aduk - aduk bentar jadi deh makanan yang disuka ama suami saya ^.^

Bahan :
- 1 bungkus kwetiaw
- 1 buah pork sausage, iris - iris
- kekian/ bakso ikan secukupnya
- 2 siung bawang putih cincang
- 1 batang bawang prei, iris - iris
- 1 butir telur
- sayur sawi/ tauge secukupnya
- kecap asin secukupnya
- kecap manis secukupnya
- 1sdm saos sambal (optional, kalau saya selalu pakai sambal biar rasa masakannya ada rasa spicy atau pedas sedikit)
- garam, gula, lada secukupnya
- bawang merah goreng secukupnya untuk taburan

Cara memasak :
1. Tumis bawang putih dengan sedikit minyak sampai harum, tambahkan irisan bawang prei.
2. Masukan pork sausage dan kekian/ bakso ikan, aduk rata. Masukan telur dan diorak arik (aduk cepat).
3. Masukan kwetiaw berikut sayur - sayuran yang disuka atau tauge. Aduk rata, tambahan kecap - kecapan, saos sambal, garam, lada, gula. Cicipi dan koreksi rasanya.
4. Angkat dan taburi bawang goreng.

Note :

* Kwetiaw sebelum dimasak dan diolah, ada yang dicuci dengan air bersih terlebih dahulu ada yang tidak. Sesuai selera saja, kalau saya biasa saya cuci terlebih dahulu sebentar baru ditiriskan dan diolah.

* Bahan pelengkap seperti Pork sausage dan kekian (bakso ikan) bisa diganti dengan bahan lainnya yang kita suka.

* Kalau masak kwetiau jangan kelamaan dan terlalu sering di aduk - aduk, karena nanti hasilnya tidak bagus dan hancur - hancur kwetiawnya.

* Sayur - sayuran saya selalu masukan setelah bahan utama masuk ke wajan biar teksturnya tetap renyah dan vitaminnya nggak hilang,


No comments:

Search This Blog

Labels